Sunday, 30 November 2014

Soal Bab. 1 Kelas XI SMA/SMK (SENI BUDAYA)

1.Pengertian dari Apresiasi seni rupa adalah ...
a.Aktivitas mengindra karya seni rupa, merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai.
b.Aktivitas membuat karya seni rupa.
c.Aktivitas menghasilkan karya seni rupa.
d.Aktivitas membeli karya seni rupa.
e.Suatu aktivitas melakukan karya seni rupa.
(Jawaban : a.Aktivitas mengindra karya seni rupa, merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai.)

2.Secara teoretik menurut Brent G. Wilson dalam bukunya Evaluation of Learning in Art Education; apresiasi seni memiliki tiga domain, yaitu ...
a.Perasaan (feeling), Keindahan (beauty), Empati (emphatizing).
b.Perasaan (feeling), Penilaian (valuing), Empati (emphatizing).
c.Karya, Seni, Kerajinan.
d.Keindahan, Kerapihan, Keselarasan.
e.Evaluation, Learning, Art.
(Jawaban : b.Perasaan (feeling), Penilaian (valuing), Empati (emphatizing)).

3.Pada hakikatnya semua manusia dianugerahi oleh Tuhan yang disebut ...
a.”Soul of beauty”.
b.”Sweet of beauty”.
c.”Sense of beauty”.
d.”Swear of beauty”.
e.”Swing of beauty”.
(Jawaban : c.”Sense of beauty”.)

4.Secara psikologis pengalaman pengindraan karya seni itu berurutan dari ...
a.Impresi, sensasi, interpretasi, apresiasi, evaluasi, emosi.
b.Interpretasi, sensasi, impresi, apresiasi, evaluasi, emosi.
c.Apresiasi, impresi, sensasi, interpretasi, evaluasi, emosi.
d.Sensasi, emosi, impresi, interpretasi, apresiasi, evaluasi.
e.Sensasi, impresi, emosi, interpretasi, apresiasi, evaluasi.
(Jawaban : d.Sensasi, emosi, impresi, interpretasi, apresiasi, evaluasi.)

5.Estetika dari seni rupa dimaksudkan untuk ...
a.Mengurangi sensitivitas kemampuan mengapresiasi.
b.Membatasi sensitivitas kemampuan mengapresiasi.
c.Menyalurkan sensitivitas kemampuan mengapresiasi.
d.Membimbing sensivitas kemampuan mengapresiasi.
e.Meningkatkan sensitivitas kemampuan mengapresiasi.
(Jawaban : e.Meningkatkan sensitivitas kemampuan mengapresiasi.)

6.Kebudayaan memiliki tiga wujud, yaitu ...
a.Kebudayaan sebagai konsep, kebudayaan sebagai aktivitas dan kebudayaan sebagai artefak.
b.Kebudayaan sebagai kondisi, kebudayaan sebagai aktivitas dan kebudayaan sebagai artefak.
c.Kebudayaan sebagai konsep, kebudayaan sebagai aktor dan kebudayaan sebagai artefak.
d.Kebudayaan sebagai konsep, kebudayaan sebagai aktivitas dan kebudayaan sebagai arfetak.
e.Kebudayaan sebagai adat, kebudayaan sebagai aktivitas dan kebudayaan sebagai artefak.
(Jawaban : a.Kebudayaan sebagai konsep, kebudayaan sebagai aktivitas dan kebudayaan sebagai artefak.)

7.Melalui proses penginderaan, kita mendapatkan ...
a.Pengalaman kerja.
b.Pengalaman estetis.
c.Pengalaman estites.
d.Pengalaman cinta.
e.Pengalaman seni.
(Jawaban : b.Pengalaman estetis.)

8.Salah satu upaya nyata untuk mengembangkan perasaan simpati yaitu ...
a.Perupa tidak murni.
b.Perkrai.
c.Pengenalan akan tokoh – tokoh budaya.
d.Membuat seni rupa.
e.Membuat karya seni rupa.
(Jawaban : c.Pengenalan akan tokoh – tokoh budaya.)

9.Salah satu upaya nyata untuk mengembangkan perasaan simpati yaitu KECUALI ...
a.Perupa murni.
b.Perkria.
c.Pengenalan akan tokoh – tokoh budaya.
d.Membuat seni rupa.
e.Pedesain.
(Jawaban : d.Membuat seni rupa.)

10.Salah satu bentuk pengetahuan apresiasi yaitu ...
a.Kognatif.
b.Kognitaf.
c.Metakognatif.
d.Metakognitaf.
e.Kognitif.
(Jawaban : e.Kognitif.)

11.Pengetahuan apresiasi memiliki dua bentuk, yaitu ...
a.Kognitif dan metakognitif.
b.Kognitaf dan metakognitif.
c.Kognatif dan metakognitif.
d.Kognitif dan metakognitaf.
e.Kognitif dan metakognatif.
(Jawaban : a.Kognitif dan metakognitif.)

12.Tokoh seni yang mengatakan dalam bukunya Evaluation of Learning in Art Education, apresiasi seni memiliki tiga domain, yaitu ...
a.Brent D. Wilson.
b.Brent G.Wilson.
c.Brent B. Wilson.
d.Brent P. Wilson.
e.Brent O. Wilson.
(Jawaban : b.Brent G.Wilson.)

13.Dari pengalaman belajar apresiasi seni, diharapkan berkembang salah satu sikap, yaitu ...
a.Atheis.
b.Komunis.
c.Demokratis.
d.Paraghis.
e.Estetis.
(Jawaban : c.Demokratis.)

14.Kesenian secara antropologis ditempatkan sebagai unsur kebudayaan yang ...
a.Individu.
b.Kelompok.
c.Golongan.
d.Universal.
e.Organisasi.
(Jawaban : d.Universal.)

15.Kata kebudayaan dapat diartikan hal – hal yang berhubungan dengan ...
a.Kesenangan, kesedihan, kesendirian.
b.Individu, kelompok, golongan.
c.Satu, dua, tiga.
d.Ke, buda, yaan.
e.Budi, akal, nalar.

(Jawaban : e.Budi, akal, nalar)

14 comments:

  1. Terima Kasih, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  3. bab 2 ada ngak ..sangat membantu

    ReplyDelete
  4. TERIMAKASIH mas, sangat membantu.

    ReplyDelete
  5. Thank...lgi atuh sampe no 30

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sangat-sangat membantu:)

    ReplyDelete
  7. COMING SOON GRATISS FREEBET ANGPAO TAHUN BARU IMLEK & VALENTINE 2021

    KUNJUNGI FREECHIP SITUS SLOT ONLINE TERMURAH DAN TERPECAYA DAN MASIH BANYAK PERMAINAN CASINO LIVE POKER CEME SABONG AYAM DAN PERMAINAN LAIN SERUNYA !! TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

    CLAIM SEKARANG WA : >> +62 819-1005-3031 <<
    CS 24jam Online
    JANGAN SAMPAI KEHABISAN !!
    a
    SEHAT SELALU UNTUK KITA SEMUA ...ALWAYS THANKFULL AND GRATEFULL ^^

    ReplyDelete