1.Apa yang dimaksud Persaingan Usaha ?
Persaingan Usaha
adalah Persaingan antara pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan produksi dan
pemasaran barang atau jasa.
2.Apa tujuan Persaingan Usaha ?
Tujuan Persaingan
Usaha adalah agar menjadi faktor penting dalam suatu keberhasilan usaha. Dengan
arti, bila seorang wirausaha berhasil memenangkan suatu persaingan usaha, maka
dapat dikatakan orang tersebut telah berhasil dalam menjalakan usahanya.
3.Apa bentuk – bentuk Persaingan Usaha ?
Bentuk – bentuk
Persaingan Usaha adalah SBB :
-Persaingan Ekonomi
-Persaingan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
,dll.
4.Mengapa Indomart dan Alfamart selalu berdekatan lokasi usahanya ?
1.
Adu persaingan
Seolah
dalam sebuah pertandingan, Indomaret dan Alfamart saling menunjukan taringnya
untuk merebut hati konsumen. Keberadaan kedua mini market ini yang kerap
berdekatan mengindikasi bahwa persaingan antar keduanya memang cukup ketat.
Alfamart maupun Indomaret tidak mau sama-sama kalah. Dua mini market tersebut
tidak keberatan saling bersaing dalam wilayah yang sama untuk menunjukan
eksistensi masing-masing.
2.
Membidik pasar yang lebih luas
Di
mana ada pembeli maka di situ ada penjual. Hal ini tentu saja tidak dilewatkan
oleh Indomaret maupun Alfamart. Membidik pasar yang lebih luas tentu menjadi
strategi marketing yang diluncurkan oleh keduanya, walaupun pasar yang harus
mereka jangkau adalah pasar yang sama di wilayah yang sama.
3.
Pasar yang sangat besar
Bisnis retail memang
menjanjikan pasar yang tidak ada habisnya. Kebutuhan masyarakat akan makanan,
minuman, produk kebersihan dan sebagainya memang tidak akan pernah mengalami penyusutan.
Bahkan dari waktu ke waktu kebutuhan tersebut semakin meningkat seiring dengan
berubahnya gaya hidup dan juga naiknya pendapatan masyarakat. Hal itulah yang
menjadikan Indomaret dan Alfamart tidak tidakut bersaing di tempat yang sama,
dikarenakan keduanya sama-sama tahu bahwa pasar yang mereka bidik adalah pasar
yang sangat besar. Kehabisan konsumen tidak akan pernah menjadi kendala yang
mereka tidakuti karena memang hal tersebut tidak akan terjadi.
4.
Target penambahan gerai yang marathon
Indomaret
sebagai market leader (pemimpin pangsa pasar) dari bisnis mini
market ini telah memiliki lebih dari 3000 gerai, disusul oleh Alfamart sebagai
kompetitor utama. Walaupun telah menjadi ikon dari keberadaan mini market di
Indonesia, keduanya tidak henti melebarkan sayap kejayaannya. Baik
Indomaret maupun Alfamart memiliki target penambahan gerai yang tidak
tanggung-tanggung. Keduanya seakan melakukan marathon dalam pembukaan gerai,
tidak peduli walaupun gerai baru harus dibuka berdekatan dengan sang pesaing.
5.
Mengusung keunggulan yang berbeda
Sekilas
Alfamart dan Indomaret terlihat tidak jauh berbeda, apalagi di mata para
konsumen. Keduanya seakan saudara yang memiliki banyak kesamaan. Namun ternyata
keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulan masing-masing. Konsep bisnis
yang dibawa berbeda, nilai tambah yang ditawarkan pun berbeda. Ada yang
mengusung keunggulan dari segi harga yang lebih murah, kapasitas toko yang
lebih luas, pelayanan yang lebih ramah, maupun suasana yang lebih nyaman. Kesemua
hal yang ditawarkan antar kedua toko dianggap menjadi nilai lebih yang
membedakan dengan pesaingnya.
5.Strategi apa yang dipakai oleh kedua minimarket tersebut ?
Sebenarnya Indomaret dan Alfamart sama-sama
menggunakan Five Forces atau pendekatan Porter’s Five Forces Seperti
:
a.
Indomaret :
-Rivalry among existing
competitors (Persaingan antara competitor yang sudah ada)
-Threat of New Entrant
(Ancaman pendatang baru )
-Threat Subtitute
Product and Service (Ancaman dari produk atau jasa pengganti)
-Bargaining Power of
Supplier (Daya tawar menawar pemasok)
-Bargaining Power of
Buyers (Daya tawar menawar pembeli)
b.
Alfamart :
-Rivalry (Persaingan)
-Barriers To Entry
(Hambatan masuk)
-Buyer Power (Kekuatan
Pembeli)
-Supplier Power
(Kekuatan Pemasok)
-Threat of Subtitutes
Product (Ancaman Dari Produk/Jasa Pengganti)
No comments:
Post a Comment