Sunday, 30 November 2014

Persaingan Usaha

1.Apa yang dimaksud Persaingan Usaha      ?
            Persaingan Usaha adalah Persaingan antara pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan produksi dan pemasaran barang atau jasa.

2.Apa tujuan Persaingan Usaha       ?
            Tujuan Persaingan Usaha adalah agar menjadi faktor penting dalam suatu keberhasilan usaha. Dengan arti, bila seorang wirausaha berhasil memenangkan suatu persaingan usaha, maka dapat dikatakan orang tersebut telah berhasil dalam menjalakan usahanya.

3.Apa bentuk – bentuk Persaingan Usaha  ?
            Bentuk – bentuk Persaingan Usaha adalah SBB :
-Persaingan Ekonomi
-Persaingan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
,dll.

4.Mengapa Indomart dan Alfamart selalu berdekatan lokasi usahanya            ?
1. Adu persaingan
Seolah dalam sebuah pertandingan, Indomaret dan Alfamart saling menunjukan taringnya untuk merebut hati konsumen. Keberadaan kedua mini market ini yang kerap berdekatan mengindikasi bahwa persaingan antar keduanya memang cukup ketat. Alfamart maupun Indomaret tidak mau sama-sama kalah. Dua mini market tersebut tidak keberatan saling bersaing dalam wilayah yang sama untuk  menunjukan eksistensi masing-masing.
2. Membidik pasar yang lebih luas
Di mana ada pembeli maka di situ ada penjual. Hal ini tentu saja tidak dilewatkan oleh Indomaret maupun Alfamart. Membidik pasar yang lebih luas tentu menjadi strategi marketing yang diluncurkan oleh keduanya, walaupun pasar yang harus mereka jangkau adalah pasar yang sama di wilayah yang sama.

3. Pasar yang sangat besar
Bisnis retail memang menjanjikan pasar yang tidak ada habisnya. Kebutuhan masyarakat akan makanan, minuman, produk kebersihan dan sebagainya memang tidak akan pernah mengalami penyusutan. Bahkan dari waktu ke waktu kebutuhan tersebut semakin meningkat seiring dengan berubahnya gaya hidup dan juga naiknya pendapatan masyarakat. Hal itulah yang menjadikan Indomaret dan Alfamart tidak tidakut bersaing di tempat yang sama, dikarenakan keduanya sama-sama tahu bahwa pasar yang mereka bidik adalah pasar yang sangat besar. Kehabisan konsumen tidak akan pernah menjadi kendala yang mereka tidakuti karena memang hal tersebut tidak akan terjadi.
4. Target penambahan gerai yang marathon
Indomaret sebagai market leader (pemimpin pangsa pasar) dari bisnis mini market ini telah memiliki lebih dari 3000 gerai, disusul oleh Alfamart sebagai kompetitor utama. Walaupun telah menjadi ikon dari keberadaan mini market di Indonesia, keduanya tidak henti  melebarkan sayap kejayaannya. Baik Indomaret maupun Alfamart  memiliki target penambahan gerai yang tidak tanggung-tanggung. Keduanya seakan melakukan marathon dalam pembukaan gerai, tidak peduli walaupun gerai baru harus dibuka berdekatan dengan sang pesaing.
5. Mengusung keunggulan yang berbeda
Sekilas Alfamart dan Indomaret terlihat tidak jauh berbeda, apalagi di mata para konsumen. Keduanya seakan saudara yang memiliki banyak kesamaan. Namun ternyata keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulan masing-masing. Konsep bisnis yang dibawa berbeda, nilai tambah yang ditawarkan pun berbeda. Ada yang mengusung keunggulan dari segi harga yang lebih murah, kapasitas toko yang lebih luas, pelayanan yang lebih ramah, maupun suasana yang lebih nyaman. Kesemua hal yang ditawarkan antar kedua toko dianggap menjadi nilai lebih yang membedakan dengan pesaingnya.

5.Strategi apa yang dipakai oleh kedua minimarket tersebut     ?
      Sebenarnya Indomaret dan Alfamart sama-sama menggunakan Five Forces atau pendekatan Porter’s Five Forces Seperti :
a.             Indomaret :
-Rivalry among existing competitors (Persaingan antara competitor yang sudah ada)
-Threat of New Entrant (Ancaman pendatang baru )
-Threat Subtitute Product and Service (Ancaman dari produk atau jasa pengganti)
-Bargaining Power of Supplier (Daya tawar menawar pemasok) 
-Bargaining Power of Buyers (Daya tawar menawar pembeli)

b.            Alfamart :
-Rivalry (Persaingan)
-Barriers To Entry (Hambatan masuk)
-Buyer Power (Kekuatan Pembeli)
-Supplier Power (Kekuatan Pemasok)

-Threat of Subtitutes Product (Ancaman Dari Produk/Jasa Pengganti)

No comments:

Post a Comment